NAMA
SEKOLAH :
|
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
Kelas
/ Semester : V / 2
|
Standar
Kompetensi : 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK /
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.2.
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia
|
§ Persiapan
kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
|
§ Melakukan
studi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam mempersiapkan mencapai
kemerdekaan
§ Melakukan
diskusi mengenai perlunya perumusan dasar negara
§ Mengidentifikasi
beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
§ Menuliskan
bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi
|
§ Menjelaskan
beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§ Menjelaskan
perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§ Mengidentifikasi
beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
§ Menunjukkan
sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan beberapa usaha dalam
rangka mempersiapkan kemerdekaan
|
12 x 35
menit
pert 5 - 8
(4minggu)
|
Buku IPS BSE kelas V
Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
|
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
Bandung,
..................................
20....
Guru Kelas V.
Sri Idayanti
1003309
|
0 komentar:
Posting Komentar