RSS

SILABUS PEMBELAJARAN


NAMA SEKOLAH                :  
Mata Pelajaran                       :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester                      :   V / 2
Standar Kompetensi              :   2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia

KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK /
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.2.   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia









§  Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
§  Melakukan studi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan  Jepang dalam mempersiapkan mencapai kemerdekaan
§  Melakukan diskusi mengenai perlunya perumusan dasar negara
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
§  Menuliskan bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi

§  Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§  Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
Tertulis

Uraian
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan

 12 x 35 menit
pert 5 - 8
(4minggu)






­      Buku IPS BSE kelas V
­     Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
&  Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)


Mengetahui,
Kepala Sekolah





Bandung, ..................................  20....
Guru Kelas V.



Sri Idayanti
1003309

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar