RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit.
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami
pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
B. Kompetensi Dasar
3.2
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah
pada ketidakseimbangan lingkungan.
C. Indikator
·
Menjelaskan penyebab terjadinya
kepunahan pada tumbuhan.
·
Memberi contoh bagian tumbuhan yang
sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya ( misalnya kayu jati
dan kayu cendana).
·
Menjelaskan berbagai cara
penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah.
D.
Tujuan
Melalui pengsmatan dan diskusi
peserta didik dapat :
·
Menjelaskan penyebab terjadinya
kepunahan pada tumbuhan.
·
Memberi contoh bagian tumbuhan yang sering
dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya (misalnya kayu jati dan kayu
cendana).
·
Menjelaskan berbagai cara
penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan
tumbuhan langkah.
E.
Materi Pokok
Keseimbangan Lingkungan.
Rangkuman Materi
Banyak jenis tumbuhan yang
bermanfaat bagi manusia. Selain sebagai sumber penghasil makanan dan oksigen,
tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk bahan bangunan, bahan obat, meja,
kursi, almari dan peralatan rumah tangga lain. Tumbuhan yang sering digunakan
oleh manusia sehingga mengarah pada pemusnahan jenis tumbuhan tertentu,
contohnya adalah pohon jati dan pohon cendana. Pohon jati memiliki tekstur kayu
yang sangat bagus sehingga sangat disukai untuk pembuatan mebel. Sedangkan kayu
cendana memiliki kelebihan karena dapat mengeluarkan bau yang sangat harum.
Sehingga orang banyak menggunakannya untuk pigura, kipas, hiasan dinding atau
untuk bahan baku pembuatan sabun dan minyak wangi. Karena kedua tumbuhan
tersebut banyak diburu maka jumlahnya di alam semakin sedikit.
Adanya penebangan hutan secara liar dapat
menimbulkan kerusakan pada tempat hidup tumbuhan dan habitat hewan.
Akibatnya banyak jenis tumbuhan yang menjadi berkurang dan lama-lama
menjadi langka. Hal ini terjadi karena pengambilan secara terus-menerus tetapi
tidak dilakukan penanaman kembali. Untuk mrnghindari kepunahan suatu jenis
pohon bisa dilakukan penanaman kembali atau dilakukan reboisasi.
F.
Metode Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, tanya jawab, pemberian
tugas, kerja kelompok dan diskusi.
2. Pendekatan : Konstruktivis
3. Model : Siklus belajar
G.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
v
Pendidik mengondisikan peserta
didik.
v
Pendidik dan peserta didik berdoa
sebelum pembelajaran.
v
Pendidik mengisi daftar kehadiran/
absensi.
v
Pendidik melakukan apersepsi dengan
memperlihatkan gambar tentang tumbuhan yang sedang ditebang.
v
Pendidik bertanya kepada peserta
didik, “siapa yang pernah melihat kejadian seperti ini? Selanjutnya apa yang
kalian lakukan?”.
v
Peserta didik diminta untuk
memberikan pendapat tentang gambar.
2. Kegiatan Inti
·
Ekplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi pendidik :
Ø
Menampilkan video yang berkaitan
dengan penebangan pohon secara liar.
Ø
Mencontohkan meja sebagai bagian
dari pemanfaatan tubuhan.
Ø
Meminta peserta didik untuk
berdiskusi tentang kepunahan tumbuhan dan pemanfaatan bagian tumbuhan oleh
manusia.
·
Pengenalan konsep
Ø
Setelah melakukan diskusi,
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Ø
Pendidik meluruskan konsep yang
mereka dapatkan dari hasil eksplorasi dan percobaan serta memberikan penguatan
mengenai konsep.
·
Aplikasi Konsep
Pendidik meminta peserta didik
untuk menjelaskan bagaimana cara menanggulangi kepunahan tumbuhan dan
menyebutkan beberapa contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
H.
Sumber dan Alat Pembelajaran
1. Sumber : KTSP jenjang sekolah dasar, mata pelajaran IPA
untuk kelas VI. Sulistyanto Hery, Wiyono Edy. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk
SD dan MI Kelas VI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
2. Media/ alat : Video dan gambar
I.
Penilaian
1. Teknik :
o Tertulis
o Kinerja
o Lisan
2. Jenis :
o Pilihan
ganda
o Uraian
3. Instrumen
:
LKS
LAMPIRAN
Lembar
Kerja Siswa
Diskusikanlah dengan kelompok mu terkait dengan pelestarian tumbuhan,
kemudian berikanlah kesimpulan atas jawaban mu!
No
|
Nama Tumbuhan
|
Penyebab
Kepunahan
|
Cara
Pelestarian
|
1.
|
Jati
|
||
2.
|
Cendana
|
||
3.
|
Gaharu
|
||
4.
|
Maranti
|
||
5.
|
Raflesia Arnoldi
|
Kesimpulan
:
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Evaluasi
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar!
1.
Kegiatan manusia yang dapat mengganggu
keseimbangan ekosistem adalah . . . .
a. tebang pilih
b. reboisasi
c. penebangan liar
d.
pembuatan cagar alam
2. Penebangan hutan yang terus-menerus dapat menimbulkan . . . .
a. rusaknya hutan
b. hujan lebat
c. panas terik
d. angin kencang
3. Minyak angin dapat dibuat dari daun . . . .
a. jambu monyet
b. kayu manis
c. kayu putih
d. ketumbar
4. Penanaman kembali hutan yang telah ditebang
pohonnya disebut . . . .
a. eksplorasi c.
reinkarnasi
b. cagar
alam d.
reboisasi
5. Usaha untuk melestarikan makhluk hidup yang dilakukan oleh
pemerintah adalah dengan menetapkan hal-hal berikut, kecuali…..
a.
Hutan lindung
b.
Cagar alam
c.
Suakamargasatwa
d.
Hutan industry
6. Berikut ini adalah
tumbuhan yang terancam punah karena sering digunakan sebagai bahan bangunan
alat rumah tangga adalah …..
a. Kayu manis
b. Jati
c. Mahoni
d. Cendana
7. Kawasan hutan dengan cirri khas tertentu dan mempunyai fungsi
pokok sebagai tempat pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan hewan serta
ekosistemnya dinamakan…..
a. Hutan konservasi
b. Hutan bakau
c. Hutan hujan tropis
d. Hutan belantara
8. Hutan pelestarian alam dibagi
menjadi 3 wilayah sebagai berikut, kecuali …..
a. Cagar alam
b. Taman nasional
c. Taman hutan raya
d. Taman wisata alam
9. Tanaman ….. diambil kulitnya
digunakan sebagai bumbu masakan.
a.
Kayu manis
b.
Jambu monyet
c.
Kayu putih
d.
Merica
10. Taman Nasional yang
terdapat di Kalimantan, yaitu Taman Nasional . . . .
a. Way Kambas
b. Ujung Kulon
c. Kutai
d. Manusela
Isilah titik-titik dibawah ini dengan
benar!
1.
Tumbuhan apa saja
yang keberadaannya di Indonesia sudah langka
dan hampir punah?
Sebutkan!
2.
Untuk apa dibangun
kawasan hutan konservasi? Jelaskan!
3.
Mengapa kayu jati banyak digunakan orang?
4.
Sebutkan minimal dua taman nasional yang ada di Indonesia!
5.
Apa yang menyebabkan terjadinya
kepunahan pada tumbuhan? Sebutkan 2 macam!
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1.
|
C
|
||
2.
|
A
|
||
3.
|
C
|
||
4.
|
D
|
||
5.
|
D
|
||
6.
|
B
|
||
7.
|
A
|
||
8.
|
A
|
||
9.
|
A
|
||
10.
|
C
|
Uraian
1. Pohon yang
sudah langka dan hampir punah di Indonesia diantaranya adalah jati, cendana,
gaharu, kayu manis, dan kemenyan.
2. Hutan
Konservasi dibangun guna melestarikan tumbuhan untuk menghindari kepunahan
jenisnya.
3. Karena
kayu jati sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia misalnya digunakan untuk
membuat rumah, kursi meja dan lain-lain.
4. Taman
Nasional Way Kambas dan Taman Nasional Ujung Kulon.
5. Yang
menyebabkan kepunahan pada tumbuhan adalah kebakaran dan penebangan hutan
secara liar.
Penilaian Aspek Afektif (Sikap)
No
|
Aspek Sikap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Indikator Penilaian
|
1
|
Kehadiran
di kelas
|
1. Tidak hadir
2. Hadir
3. Hadir dan
serius
4. Hadir dan
aktif dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
2
|
Bertanya
di kelas
|
1.
Tidak Bertanya
2.
Bertanya diluar pembahasan
3.
Bertanya seputar pembahasan materi
4.
Bertanya dengan pertanyaan yang bermutu
|
||||
3
|
Ketepatan
waktu mengumpulkan tugas
|
1.
Tidak mengumpulkan
tugas
2.
Mengumpulkan tugas tidak tepat waktu
3.
Mengumpulkan tugas tepat waktu
4.
Mengumpulkan tugas sebelum waktunya
|
||||
4
|
Mendengarkan
teman satu tim
|
1.
Tidak mendengarkan teman saat diskusi
2.
Mendengarkan tetapi tidak serius
3.
Mendengarkan dengan serius
4.
Mendengarkan dengan sangat serius
|
||||
5
|
Peran
dalam tim
|
1. Tidak pernah
bekerja sama
2. Kurang bekerja
sama
3. Bekerja sama
4. Bekerja sama
dengan baik
|
Penilaian Aspek Psikomotor
No
|
Aspek Psikomotor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Indikator Penilaian
|
1
|
Keterampilan
menggunakan alat
|
1. Tidak terampil
2. Cukup Terampil
3. Terampil
4. Sangat terampil
|
||||
2
|
Keterampilan
merancang kegiatan
|
1. Tidak terampil
2. Cukup Terampil
3. Terampil
4. Sangat
terampil
|
||||
3
|
Keterampilan
melaksanakan kegiatan
|
1. Tidak terampil
2. Cukup Terampil
3. Terampil
4. Sangat
terampil
|
Penilaian Aspek kognitif
No
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
PG
|
1-10
|
1
|
10
|
2
|
Uraian
|
1
|
2
|
10
|
2
|
2
|
|||
3
|
2
|
|||
4
|
2
|
|||
5
|
2
|
Nilai = (
) =
Kepala Sekolah
__________________
|
Bandung, Juni 2012
Guru Kelas VI
|
0 komentar:
Posting Komentar