RSS

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   ..................................                   
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :  2 x 45  menit.



A.    Standar Kompetensi
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

B. Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan.

C.    Indikator
·         Menjelaskan penyebab terjadinya kepunahan pada tumbuhan.
·         Memberi contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya ( misalnya kayu jati dan kayu cendana).
·         Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah.

D.    Tujuan
Melalui pengsmatan dan diskusi peserta didik dapat :
·         Menjelaskan penyebab terjadinya kepunahan pada tumbuhan.
·         Memberi  contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya (misalnya kayu jati dan kayu cendana).
·         Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah.

E.     Materi Pokok
Keseimbangan Lingkungan.
Rangkuman Materi
Banyak jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia. Selain sebagai sumber penghasil makanan dan oksigen, tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk bahan bangunan, bahan obat, meja, kursi, almari dan peralatan rumah tangga lain. Tumbuhan yang sering digunakan oleh manusia sehingga mengarah pada pemusnahan jenis tumbuhan tertentu, contohnya adalah pohon jati dan pohon cendana. Pohon jati memiliki tekstur kayu yang sangat bagus sehingga sangat disukai untuk pembuatan mebel. Sedangkan kayu cendana memiliki kelebihan karena dapat mengeluarkan bau yang sangat harum. Sehingga orang banyak menggunakannya untuk pigura, kipas, hiasan dinding atau untuk bahan baku pembuatan sabun dan minyak wangi. Karena kedua tumbuhan tersebut banyak diburu maka jumlahnya di alam semakin sedikit.
Adanya penebangan hutan secara liar dapat menimbulkan kerusakan pada tempat hidup tumbuhan dan habitat hewan. Akibatnya banyak jenis tumbuhan yang menjadi berkurang dan lama-lama menjadi langka. Hal ini terjadi karena pengambilan secara terus-menerus tetapi tidak dilakukan penanaman kembali. Untuk mrnghindari kepunahan suatu jenis pohon bisa dilakukan penanaman kembali atau dilakukan reboisasi.


F.     Metode Pembelajaran
1.      Metode           : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, kerja kelompok dan diskusi.
2.      Pendekatan    : Konstruktivis
3.      Model             : Siklus belajar

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
v  Pendidik mengondisikan peserta didik.
v  Pendidik dan peserta didik berdoa sebelum pembelajaran.
v  Pendidik mengisi daftar kehadiran/ absensi.
v  Pendidik melakukan apersepsi dengan memperlihatkan gambar tentang tumbuhan yang sedang ditebang.
v  Pendidik bertanya kepada peserta didik, “siapa yang pernah melihat kejadian seperti ini? Selanjutnya apa yang kalian lakukan?”.
v  Peserta didik diminta untuk memberikan pendapat tentang gambar.

2.      Kegiatan Inti
·         Ekplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi pendidik :
Ø  Menampilkan video yang berkaitan dengan penebangan pohon secara liar.
Ø  Mencontohkan meja sebagai bagian dari pemanfaatan tubuhan.
Ø  Meminta peserta didik untuk berdiskusi tentang kepunahan tumbuhan dan pemanfaatan bagian tumbuhan oleh manusia.

·         Pengenalan konsep       
Ø  Setelah melakukan diskusi, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Ø  Pendidik meluruskan konsep yang mereka dapatkan dari hasil eksplorasi dan percobaan serta memberikan penguatan mengenai konsep.     

·         Aplikasi Konsep
Pendidik meminta peserta didik untuk menjelaskan bagaimana cara menanggulangi kepunahan tumbuhan dan menyebutkan beberapa contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.

H.    Sumber dan Alat Pembelajaran
1.      Sumber           : KTSP jenjang sekolah dasar, mata pelajaran IPA untuk kelas VI. Sulistyanto Hery, Wiyono Edy. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas VI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Media/ alat     : Video dan gambar



I.       Penilaian
1.      Teknik :
o   Tertulis
o   Kinerja
o   Lisan
2.      Jenis :
o   Pilihan ganda
o   Uraian
3.      Instrumen :
LKS





















LAMPIRAN

Lembar Kerja Siswa


Diskusikanlah dengan kelompok mu terkait dengan pelestarian tumbuhan, kemudian berikanlah kesimpulan atas jawaban mu!

No
Nama Tumbuhan
Penyebab
Kepunahan
Cara
Pelestarian
1.
Jati


2.
Cendana


3.
Gaharu


4.
Maranti


5.
Raflesia Arnoldi






Kesimpulan :
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________




Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar!
1.      Kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalah . . . .
a. tebang pilih
b. reboisasi       
c. penebangan liar
d. pembuatan cagar alam
2.   Penebangan hutan yang terus-menerus dapat menimbulkan . . . .
a. rusaknya hutan
b. hujan lebat
c. panas terik
d. angin kencang
3. Minyak angin dapat dibuat dari daun . . . .
a. jambu monyet
b. kayu manis
c. kayu putih
d. ketumbar
4.   Penanaman kembali hutan yang telah ditebang pohonnya disebut . . . .
a. eksplorasi                                   c. reinkarnasi
b. cagar alam                                 d. reboisasi
5.   Usaha untuk melestarikan makhluk hidup yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menetapkan hal-hal berikut, kecuali…..
a.       Hutan lindung
b.      Cagar alam
c.       Suakamargasatwa
d.      Hutan industry
6.   Berikut ini adalah tumbuhan yang terancam punah karena sering digunakan sebagai bahan bangunan alat rumah tangga adalah …..
a.       Kayu manis
b.      Jati
c.       Mahoni
d.      Cendana
7. Kawasan hutan dengan cirri khas tertentu dan mempunyai fungsi pokok sebagai tempat pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan hewan serta ekosistemnya dinamakan…..
a.       Hutan konservasi
b.      Hutan bakau
c.       Hutan hujan tropis
d.      Hutan belantara
8. Hutan pelestarian alam dibagi menjadi 3 wilayah sebagai berikut, kecuali …..
a.       Cagar alam
b.      Taman nasional
c.       Taman hutan raya
d.      Taman wisata alam
9. Tanaman ….. diambil kulitnya digunakan sebagai bumbu masakan.
a.       Kayu manis
b.      Jambu monyet
c.       Kayu putih
d.      Merica
10. Taman Nasional yang terdapat di Kalimantan, yaitu Taman Nasional . . . .
a. Way Kambas
b. Ujung Kulon
c. Kutai
d. Manusela

Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
1.   Tumbuhan apa saja yang keberadaannya di Indonesia sudah langka
dan hampir punah? Sebutkan!
2.   Untuk apa dibangun kawasan hutan konservasi? Jelaskan!
3.   Mengapa kayu jati banyak digunakan orang?
4.   Sebutkan minimal dua taman nasional yang ada di Indonesia!
5.   Apa yang menyebabkan terjadinya kepunahan pada tumbuhan? Sebutkan 2 macam!


Kunci Jawaban

Pilihan Ganda
1.
C


2.
A


3.
C


4.
D


5.
D


6.
B


7.
A


8.
A


9.
A


10.
C













Uraian
1.      Pohon yang sudah langka dan hampir punah di Indonesia diantaranya adalah jati, cendana, gaharu, kayu manis, dan kemenyan.
2.      Hutan Konservasi dibangun guna melestarikan tumbuhan untuk menghindari kepunahan jenisnya.
3.      Karena kayu jati sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia misalnya digunakan untuk membuat rumah, kursi meja dan lain-lain.
4.      Taman Nasional Way Kambas dan Taman Nasional Ujung Kulon.
5.      Yang menyebabkan kepunahan pada tumbuhan adalah kebakaran dan penebangan hutan secara liar.





Penilaian Aspek Afektif (Sikap)

No
Aspek Sikap
1
2
3
4
Indikator Penilaian
1
Kehadiran di kelas




1.      Tidak hadir
2.      Hadir
3.      Hadir dan serius
4.      Hadir dan aktif dalam mengikuti pembelajaran
2
Bertanya di kelas




1.      Tidak Bertanya
2.      Bertanya diluar pembahasan
3.      Bertanya seputar pembahasan materi
4.      Bertanya dengan pertanyaan yang bermutu
3
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas




1.      Tidak mengumpulkan  tugas
2.      Mengumpulkan tugas tidak tepat waktu
3.      Mengumpulkan tugas tepat waktu
4.      Mengumpulkan tugas sebelum waktunya
4
Mendengarkan teman satu tim




1.    Tidak mendengarkan teman saat diskusi
2.    Mendengarkan tetapi tidak serius
3.    Mendengarkan dengan serius
4.    Mendengarkan dengan sangat serius
5
Peran dalam tim




1.      Tidak pernah bekerja sama
2.      Kurang bekerja sama
3.      Bekerja sama
4.      Bekerja sama dengan baik

Penilaian Aspek Psikomotor

No
Aspek Psikomotor
1
2
3
4
Indikator Penilaian
1
Keterampilan menggunakan alat




1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil
2
Keterampilan merancang kegiatan




1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil
3
Keterampilan melaksanakan kegiatan




1.      Tidak terampil
2.      Cukup Terampil
3.      Terampil
4.      Sangat terampil

Penilaian Aspek kognitif

No
Bentuk Soal
No Soal
Skor
Skor Maksimal
1
PG
1-10
1
10
2
Uraian
1
2
10
2
2
3
2
4
2
5
2
Nilai = ( ) =



Kepala Sekolah



__________________
Bandung,    Juni 2012
Guru Kelas VI






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar